Friday, November 9, 2012

Laporan Praktikum Biologi


Laporan Praktikum
Tujuan                  : Mengetahui timbulnya gas oksigen pada proses fotosintesis
Alat dan bahan  :
  1. Gelas kimia
  2. Tabung reaksi
  3. Corong
  4. Tumbuhan air
  5. Ember
  6. Korek api
  7. Dupa
o 
Cara kerja            :
>      Masukan tumbuhan air ke dalam gelas kimia
>      Letakkan corong  di atas tumbuhan air, dan tabung reaksi seperti gambar disamping
>      Isilah gelas kimia dan tabung reaksi dengan air, dengan cara memasukan perangkat percobaan ke dalam ember berisi air. Usahakan air yang ada dalam tabung reaksi benar-benar penuh dan tidak ada rongga udara.
>      Kemudian letakkan perangkat percobaan tersebut di bawah       sinar matahari.
>      Setiap 5 menit hitung gelembung yang lewat. Sampai 5 menit     ketiga.
>      Setelah itu aka nada gas yang dihasilkan dalam tabung reaksi.     Tutuplah tabung reaksi dengan ibu jari, kemudian angkat dan          balikan.
>      Bersamaan dengan dilepaskannya ibu jari dari mulut tabung,      masukkan dupa yang sudah dihidupkan ke dalam tabung dan         jangan sampai menyentuh air.

Hasil                       :
               
                Pada lima menit pertama jumlah gelembung adalah 14. Pada lima menit kedua jumlah gelembung adalah 28. Pada lima menit terakhir jumlah gelembung adalah 230.  Gelembung tersebut muncul dari tumbuhan air dari hasil fotosintesis yaitu oksigen. Hal ini dapat dibuktikan dengan memasukan dupa ke dalam gelas kimia, nyala dupa tersebut semakin besar, karena terdapat gas oksigen.
                 Gelembung yang muncul dari menit ke menit semakin banyak, disebabkan oleh energy cahaya yang diserap oleh tumbuhan tergantung pada intensitas sumber cahaya, panjang gelombang  cahaya, dan lama penyinaran, jadi jika semakin lama penyinaran semakin banyak gelembung yang muncul, karena semakin banyak energy yang diserap oleh klorofil, sehingga laju fotosintesis meningkat.

Kesimpulan        :
                Kesimpulan yang dapat kita ambil dari percobaan tersebut adalah hasil dari fotosintesis adalah oksigen, selain oksigen hasil fotosintesis adalah glukosa. Fotosintesis di pengaruhi oleh factor cahaya, selain itu dipengaruhi juga oleh factor konsentrasi CO2, suhu, O2, air, kandungan klorofil.

0 comments:

Post a Comment